Monday, December 8, 2008

toilet training

ini cerita tentang toilet trainingnya si kaka

emang aku agak telat menerapkan toilet training sama si kaka
aku sempet beliin potty yang bentuknya kaya kuda (apa bebek ya???hehe lupa)
kebetulan di toko yg langgananku di itc, pas habis
cari ke toko lain, adanya warna pink, ya sutralah

bawa ke rumah, kaka samsek ga antusias
waktu itu klo ga salah kaka satu tahun
BAB dan BAK masih belum ditatur
kecuali BAB, kadang suka dibawa ke kamar mandi, tp tidak di kloset

intinya waktu itu masih sembarangan
berapa kali dicoba untuk didudukkan di kloset, tapi kaka malah nangis
yang ada yg tadinya udah kebelet, malah ga jadi =(

nah singkat cerita, wkt itu aku lg tugas di cirebon 2 mg
diajak serta lah serombongan lenong, halah
maksutnya sekeluarga
kaka (waktu itu masih dipanggil dhafin), eyang dan mba
waktu itu kaka terliaht ingin BAB
aku langsung gendong dia
kududukan di kloset, sambil aku pegangin
berhasil!!!!!
kaka berhasil BAB di kloset
setelah itu kaka terbiasa BAB sambil duduk di kloset
kalau di rumah pake bantalan kloset (aku lupa istilahnya, hehe)
kalo tidak sedang di rumah, paling sambil dipegangin

satu masalah selesai
tinggal BAK
untuk pipis ini, si kaka kadang mau ditatur kadang tidak
malah pernah waktu itu, kaka seperti sedang cari perhatian
pas BAK dia sambil neyngir bilang pipiiiiiiis

kontan orang rumah bereaksi
antara kesel, gemes plus geli
kesel, karena ngeliat pipis di lantai
gemes karena liat dia nyengir
geli karena dia seperti puas

nah disitu semua bereaksi
ada yg nasehatin, ada yg ketawa, ada yang ngajak ke kamar mandi
dan itu terjadi berulang2
mungkin sia kaka waktu itu sekitar 2 thn
padahal sebelumnya ia sudah terbiasa ditatur
tp entah kenapa waktu itu dia berperilaku demikian

akhirnya aku sempat berpikir
mungkin si kaka sedang ngerjain kita semua
aku inget, pernah baca, kalau anak umur segitu, ada istilah the terribe two
senang cari perhatian
lalu aku berpikir, ketika kaka melakukan hal itu
spontan dari mulutku keluarlah kata2 nasihat
ini itu bla bla bla
belum lagi reaksi yang lain

sejak itu
kalau kaka pipis sembarangan dan melakukannya dengan tujuan mencari perhatian
aku tidak menasihatinya
aku langsung ajak dia ke kamar mandi
dan aku cebokin kaka, eh waktu itu masih dhafin deng, hehe

and it works
kaka akhirnya mau ditatur
setiap 3 jam sekali, kaka diajak ke kamar mandi
dan biasanya dia pipis
sangat jarang sekali kecolongan

tinggal satu lagi bonus masalah
kalo malem, masih ngompol
awal2nya tiap malam aku pakein pospak
hanya kalau tidur
biar tidak beribet

lama2, aku coba tatur dia
jadi dalam satu malam kira2 2-3 kali aku pipisin dia
dalam keadaan mata dhafin tertidur, aku pangku dia ke kamar mandi
aku perciki dia dengan air
dan setelah itu...currrrrrrrrrrrrrrrr
pipislah dia

nah sekarang, setelah beberapa lama
kaka sudah lulus toilet trainingnya
pipis, selalu bilang kalo siang
klo tidak, kita yang mengingatkannya
untuk pup, selalu dilakukan di kloset
dan untuk tidur malam
sebelum tidur, biasanya kaka dipipisin dulu
tengah malam, paling satu kali dia dipipisin
kadang kalo aku ketiduran bablas, kaka juga ga ngompol sama sekali

alhamdulillah
berhasil
bahkan, sekarang kalau pergi keluar, kaka tidak perlu pakai pospak
pernah dipakein pospak, pas sampai rumah, masih kering
yang artinya kaka tidak pipis samsek
akhirnya skrg kalai pergi keluar, kaka tidak pakai pospak lagi

alhamdulillah
untuk toilet training, kelihatannya kaka sudah lulus di umur 2 tahun lebih
untuk ade, mudah2an bisa lebih dini lagi
dan ini artinya, harus sudah dibiasakan lebih dini pula
mudah2an
semoga

tinggal masalah gosok gigi yang belum terpecahkan
hiks....
semoga satu saat nanti deh
bismillah

No comments: