Tuesday, December 2, 2008

pijat bayi

sesuai janji...
kali ini aku akan menulis tentang pijat bayi...


belajar dari pengalaman si kaka waktu bayi
kaka beberapa kali dipijit oleh tukang pijit
infonya dari mana2
ada yg dari tetangga, sodara, bahkan milis
rata2 sih sudah tua
ada yg di pasar minggu, antrinya musti dari subuh =D

kalo dipikir2 kasian juga si kaka
sampe jerit2 kalo dipijit
bahkan sempat ngompolin yg mijit =D
apalagi si kaka klo udah nangis, wah kejerrr bangettt

nah, waktu itu ngobrol sama temen
dia bilang, dia suka mijit sendiri
ilmunya dapet dari vcd
vcd itu satu paket sama produk j*****n
katanya, gampang dipelajari

akhirnya (walopun telat) aku berniat untuk memepraktikan pijat ini ke ade
aku beli paket itu
trs 3 kali aku putar ulang vcd nya
lumayan...
gampang diikuti

prinsip nya sih
sentuhan itu akan menstimulasi bayi
dan bahkan, sentuhan lebih bermakna dari ucapan
taelaaaa

yang harus diingat
jangan memaksa bayi untuk dipijat
artinya kalo bayi terlihat tidak menikmati, ya lebih baik dihentikan, dan dilanjutkan lain kali
bayi juga jangan dipijat kala dia sakit
dan jangan sekali2 membangunkan bayi kala dia sdg tidur, kasian kan

ketika memijit, usahakan selalu mengajak bayi berbicara atau berdendang (berdzikir lebih bagus =))
lakukan kontak mata dengan bayi
berikan pijatan yang lembut dan menyenangkan

persiapannya ga banyak
asala udara di ruangan ga terlalu dingin, tempat yang datar tapi tidak terlalu keras untuk ukuran bayi, selimut untuk alas dan baby oil atau lotion

setelah aku meneonton dan mempelajari vc ditu (waktu itu malam2)
aku tidak sabar untuk segera memijit ade
keesokan harinya
aku ajak ade ngobrol
lalu aku lepas satu persatu pakaiannya
aku ajak dia ngobrol sambil berdendang
aku olesi kedua tanganku dengan baby oil sambil digosok2an biar hangat

pijatan dimulai dari wajah, yaitu alis, hudung, bibir atas, bibir bawah, rahang dan bagian belakang telinga
lalu dilanjutkan ke dada, tangan, perut, kaki
dan terakhir punggung
suksess!!!

ade terlihat menikmati pijatan itu
dan aku apalagi
wah seandainya aku memijat si kaka dulu
tidak perlu lagi kaka berteriak menjerit2 karena dipijit oleh orang yang sama sekali asing bagi dia
belum lagi harus antri di tempat yang tidak nyaman
ah, maafkan bunda kak

semenjak itu aku setiap hari memijat ade (karena masih cuti)
biasanya pagi hari
sebelum mandi aku pijat ade
setelah beristirahat sebentra, lalu dimandikan
setelah itu dia menyusu
lalu bobo
ah senag sekali melihatnya

belakangan aku nawarin kaka: "kak mau dipijit kaya ade?"
trs dia bilang: "mau"
kaka girang kalo tangan atau kakinya aku geleng2
dia bilang: "bunda mau dige-eng ge-eng agih"
hehe

tapi setelah aku kembali ngantor, rutinitas ini jadi tidak terjaga
belum lagi musim hujan, jadi kalau aku mijat sepulang kantor, kasian ade kedinginan
jadinya ya paling kalo wiken aja ade dipijit

ah senangnya memijat bayi
dipijat oleh ibu sendiri
siapa yang tidak senang

kesimpulannya dipijat sama emak sendiri: bayi riang, ibu senang
halah itu mah jingle iklan yah

hehehe

No comments: