Monday, October 20, 2008

belajar pake botol

pagi tadi aku niatkan untuk mengajari ade minum asi pake botol
walo banyak pendapat menganjurkan untuk menggunakan sendok dengan alasan akan menyebabkan bayi bingung puting, aku tetap mencoba

pengalaman si kaka dulu, walau minim asi dari botol, alhamdulillah begitu ketemu emaknya, teuteup nemplok dan ga bingung puting

bedanya, dulu si kaka susye banget dah diajarin pake botol
udah berbagai merek dan tipe dicoba, tetep susye
sampe udah saking ga bisanya akhirnya pake yg tipe spout yang untuk bayi 6 bulan=p

kembali ke si ade
pagi2, setelah si ade bobo, aku mulai memeras asi
berbeda dengan pengalaman si kaka yang tempatnya menggunakan botol plastik, kali ini aku gunakan botol kaca
ya, berbekal info dari milis, aku mulai menggunakan botol kaca sebagai tempat penampungan ASI perah (ASIP)
botolnya aku dapatkan berdasarkan info dari seorang member milis
kelemahan sekaligus kelebihan botol kaca, kaga pake ukuran
kelemahannya kita jd ga tau ukuran persis asi yg diminum bayi
kelebihan kita jd ga terpaku pada volume asi saat memerah yang suka buat sutres kalo lagi dapet sedikit
nah td itu kira2 aku dapet sekitar 120 cc
lalu aku tuang asip dari botol kaca ke botol bayi
mula2 50 cc
hanya mengecap sebentar, tak lama dengan lahapnya si ade langsung menghabisakan asip dalam botol itu
lalu aku tambahkan sisanya
dan dia masih lahap
karena takut terlalu kaget, aku sengaja tidak memberikan semua asip ke ade
hanya sekitar 80 cc yg berhasil ade minum
sampai saat ini lancar, alhamdulillah

antara senang sekaligus h2c
senang karena (mudah2an) tidak merepotkan ibuku saat aku mulai ngantor
karena kebayang betapa repotnya memberikan asip pada bayi menggunakan sendok
h2c karena teuteup aja ada rasa khawatir kalo2 si ade akan bingung puting

hari ini, hanya sekali aku memberikan asip pada ade
selanjutnya, kembali ke cara natural, pres prom di open, wekekek sunda mode on
alhamdulillah, ga ada masalah

lalu aku coba lagi meras siangnya, dapet sekitar 60 cc, aku masukan ke botol kaca, lalu aku labeli dengan tulisan tanggal dan jam, hehe, gaya banget

semoga bsa lancar seterusnya ya de!
ketika bunda ga ada, ade mudah2an bisa minum asip dari botol
ketika bunda ada, tentu saja, sama bunda dong, hehe

dulu, waktu jaman kaka, aku sama sekali belum ernah memberikan susu lewat botol dengan tanganku sendiri
asli ga tega
tapi, kemarin aku baca di tabloid, justru pertama kali yg ngajarin seharusnya ibu
biar bayi bisa beradaptasi perlahan
pertama ia beradaptasi dari puting ibu ke media lain, dalam hal ini botol
nah untuk selanjutnya ia beradaptasi dari ibunya ke bukan ibunya


tiba2....eng ing eng...
ada naluri kekanak2an muncul
kali ini bukan naluri seorang ibu lagi
berhubung sampe saat ini bunda dan ade masih satu paket, dimana ada bunda disitu ada ade
ketika ade sudah bisa minum asip selain dari bunda.....
berarti aku bisa nonton laskar pelangi dong =D
wak wawwwwww......

aduh maaaapppp....bukan ...bukan itu...


ya Alloh beri aku kesempatan untuk dapat memberikan asi ekslusif 6 bulan
ayi kita berikhtiar dan berdoa de
semoga
amiiin


No comments: