Wednesday, May 13, 2009

mendongenglah

dongeng...



secara fitrah, manusia suka mendengarkan dongeng dan tentu saja suka (juga) mendongeng

itu sebabnya sebagian isi Al Quran juga berupa dongeng, baik cerita terdahulu maupun gambaran masa depan



sejak kecil kaka suka sekali akan dongeng

bahkan ketika kaka tantrum, dengan dongeng, biasanya lumayan manjur

ketika kaka bangun tidur, salah satu cara supaya dia bangun dengan manis adalah dengan langsung mengajak dia bercerita

bahkan cara untuk membangunkan kaka tanpa membuat dia menangis adalah dengan mengajaknya bercerita



nah, kaka memang senang dengan buku cerita

saat menjelang tidur dengan seting tempat tidur adalah momen yang paling tepat untuk mendongeng

biasanya ritual sebelum tidur adalah: berdoa - menyanyi - mendongeng

doa yang dibaca sebelum tidur: doa mau tidur, doa untuk ayah bunda, surat al fatihah, surat al ikhlas dan sekarang ditambah surat al falaq

aku sengaja membacakan surat pendek ini satu-satu

jadi ketika kaka sudah hapal al fatihah, lalu ditambah al ikhlas

ketika sudah hapal al ikhlas, ditambah al falaq

nah posisi kaka sekarang adalah lagi di surat al falaq, belum hapal sepertinya, karena baru diajarkan dua hari yang lalu, menjelang tidur



setelah berdoa, dilanjutkan dengan menyanyi

menyanyi ini apa aja, poknya lagu anak

sekalian nambah perbendaharaan lagunya si kaka



terakhir dongeng

dongeng ini awalnya selalu bacain buku cerita

akhir2 ini, aku suka ngarang dongeng

ceritanya apa aja

seringnya sih cerita binatang

ceritanya bener2 ngarang, qeqeqe

ada rusa yang terpisah sama induknya

ada kanguru yang sakit gigi

ada keluarga bebek yang nyari ikan di sungai

pokonya asbun

bahkan pernah aku tertidur saat mendongeng

tanpa kusadari aku terus mendongeng, sementara mataku terpejam

ketika aku bangun, kudapati mulutku sedang bercerita, tentunya cerita yang ga jelas, dan sama sekali ga nyambung =D



namun, disinilah betapa otak anak kecil dikatakan laksana spons

kaka ingat detail cerita yang aku aja baru ngarang saat aku harus cerita

bener2 ngalir, dan kadang aku terhenti untuk berpikir

dan ketika besoknya aku tanya tentang cerita tadi malam, kaka masih ingat, bahkan sampai ke tokoh2 dalam cerita



satu kali aku bilang sama kaka: "ka, kaka kan udah apal lagu Tuhanku. nah Tuhan kaka adalah Alloh, Alloh yang menciptakan semuanya. Alloh bisa liat kaka, tapi kaka ga bisa liat Alloh."



satu saat, ketika selesai sholat kaka bertanya: "bunda Alloh liat kaka, tapi Alloh ngga keliatan?"

Aku tersenyum dan mengangguk



akhirnya aku ambil kesimpulan

bahwa saat mendongeng, adalah saat yang tepat untuk menanamkan nilai2 baik buat anak

dan saat menjelang tidur, menurut pendapatku, adalah saat terbaik untuk mendongeng



hingga percakapan makan siang aku dan teman2 kantorku membuat aku terinspirasi

kala itu temanku yang belum dikaruniai anak bercerita tentang keponakannya

bahwasannya keponakannya itu oleh ibunya, dicekoki berbagai hapalan ketika anak2nya bangun tidur

jadi, ketika anak2nya belum bangun, sang ibu telah siap menanti bangunnya anak2

dan ketika anaknya bangun si ibu mengajarinya dengan hapalan surat, belajar baca dan lainnya

hasilnya: usia 4 tahun anak2nya sudah bisa membaca huruf latin, arab dan tentu saja berbagai kepandaian lainnya



siang itu aku berpikir

iya juga ya
saat bangun adalah saat ketika otak masih jernih

ketika pikiran belum terkontaminasi oleh hal apapun

disitulah sebetulnya saat yang lebih tepat untuk mengajari mereka



namun, aku kembali berpikir, aku kan ke kantor di pagi hari

ah tapi, akan kucoba, semampuku
semoga dengan ijinMu ya Alloh

amiin

rabbi habli minashsholihin

No comments: